Ekonom Sebut Daya Beli Masyarakat Turun, Ini Sebabnya

daya jual beli

Tingginya inflasi kelompok disebabkan adanya kenaikan harga emas perhiasan. “Itu baru dari sisi pendidikan, belum lagi dari sisi pengeluaran lain seperti tukang ojek yang tadinya berpenghasilan Rp200 ribu tapi setelah terjadi pandemi Covid-19 penghasilan berkurang menjadi hanya Rp50 ribu setiap hari.

Inilah yang menyebabkan daya beli masyarakat turun karena kurangnya pendapatan, ” ujar Awi. “Secara umum, sampai dengan hari ini, kondisi jual beli khususnya di pasar tradisional cukup ramai. Aktivitas pedagang dan daya beli masyarakat masih tetap terjaga dengan baik, ” ujar Awi di Kantor Wali Kota Jayapura-Papua, Jumat (14/8/2020). Kemendag mencatat omzet pedagang di pasar tradisional rata-rata menurun hingga 40% selama masa pandemi virus corona. Inspektur Jenderal Kemendag Srie Agustina mengatakan, penurunan omzet dirasakan hampir seluruh pasar tradisional di Indonesia yang berjumlah 157 pasar tradisional. Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Abdullah Mansuri mengatakan, lebaran kurban tahun ini jelas kontras berbeda dibandingkan lebaran kurban tahun-tahun sebelumnya.

Sebab, harga sebagian bahan pangan pokok mengalami penurunan harga. Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance, Tauhid Ahmad, pun menilai, rendahnya laju inflasi bahkan hingga deflasi dipicu akibat daya beli masyarakat Indonesia yang tengah jauh melemah. Sementara, program pemerintah untuk meningkatkan konsumsi masyarakat dinilai belum efektif. Oleh karena itu, Suhariyanto mengatakan, tugas pemerintah ke depan salah satunya yakni dengan meningkatkan kembali daya beli masyarakat. Hal itu agar tingkat konsumen kembali naik dan ekonomi nasional setidaknya kembali bergairah.

daya jual beli

Tahun ini, pedagang sangat merasakan transaksi jual-beli yang sangat tertekan akibat daya beli masyarakat yang melesu. Sebaliknya, juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.

Sehingga, daya beli masyarakat dipengaruhi dari adanya indeks ini. Konsumen harga murah adalah mereka yang sensitif pada harga, mayoritas diisi oleh orang-orang dengan daya beli yang tidak kuat.

Konsumen, meliputi rumah tangga, pemerintah dan perusahaan industri. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok untuk memperoleh barang dan atau jasa guna memenuhi kebutuhan hidupnya dengan saling mempertukarkan atau menukarnya dengan mata uang. Deputi Kementerian Koordinator Perekonomian, Iskandar Simorangkir, mengatakan, penurunan inflasi yang terjadi merupakan hal wajar.

Hal tersebut tentu saja selain menjadi keuntungan, juga menjadi ancaman bagi kedaulatan ekonomi suatu negara. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara melalui agen judi bola penjualan barang atau jasa dari negara lain disebut impor. Pelaku berupa orang, kelompok atau lembaga yang melakukan kegiatan konsumsi disebut sebagai konsumen.